Tuesday, March 27, 2018

Makanan Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Makanan Pantangan bagi Penderita Asam Urat


Makanan Pantangan bagi Penderita Asam Urat - Penderita asam urat akan merasakan nyeri pada bagian persendian yang dapat terjadi pada siapa saja yang mengalaminya. Apalagi pada seseorang yang mempunyai badan gemuk (obesitas) lebih beresiko lebih tinggi terkena asam urat daripada yang mempunyai berat badan yang ideal.

Penderita dapat dilakukan pemeriksaan di laboratorium yang dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan Enzimatik dan Teknik Biasa. Kadar asam urat normal menurut tes Enzimatik kadar maksimum asam urat adalah 7 mg/dl. Sedangkan pada pemeriksaan Teknik Biasa, nilai normal kadar maksimumasam urat adalah  8 mg/dl. Bila hasil pemeriksaan menunjukkan kadar asam urat melampaui standar normal itu, penderita tersebut bisa dikatakan mengalami hiperurisemia.

Untuk Kadar normal  asam urat pada wanita berkisar antara 2.4 hingga 6, sedangkan asam urat pada pria yaitu 3.0 hingga 7. Agar kadar asam urat menjadi normal kembali maka disarankan supaya penderita penyakit asam urat dapat mengontrol makanan yang akan dikonsumsi dengan cara menghindari makanan dan minuman yang menjadi pantangan serta pemicu penumpukan asam urat berlebihan dalam tubuh.

Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat

1. Jeroan
Berhentilah untuk mengkonsumsi lauk pauk jeroan karena mengandung zat purin, yang termasuk jeroan diantaranya babat, ginjal, hati, limpa, usus, paru dan otak.

2. Seafood
Anda perlu menghindari makanan laut seperti udang, kerang, cumi-cumi, sotong, tiram, remis, kepiting, ikan teri, ikan sarden.

3. Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji ini diantaranya makanan yang sudah dikalengkan diantaranya sarden dan kornet sapi, dan masih banyak lainnya.

4. Daging
Tidak hanya daging sapi dan daging kambing, ekstrak dari keduanya juga harus dihindari. Ekstrak daging ini diantaranya abon dan dendeng. Daging bebek, kalkun, dan angsa juga sebaiknya anda hindari.

5. Kacang- kacangan
kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping, dan kacang kedelai termasuk susu kedelai, tempe, oncom, dan tauco.

6. Sayuran Tertentu
kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, dan kangkung.

7.  Buah- buahan tertentu
Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.

8. Makanan yang digoreng atau bersantan atau makanan yang kaya akan protein dan lemak
Seperti mentega, keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental.

visit link download

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.