Saturday, April 28, 2018

Makanan penting untuk perkembangan otak anak

Makanan penting untuk perkembangan otak anak


Makanan untuk perkembangan otak - Anak membutuhkan asupan gizi penting untuk meningkatkan daya pikir otak. Berikan makanan yang bergizi karena dengan diberi asupan gizi penting otak akan lebih meningkatkan memori dan ketrampilan sehingga anak mahir dalam mengingat dan menghafal sesuatu hal.

Bethany Thayer, MS, RD ahli ilmu gizi detroit berkata beri tubuh makanan yang buruk dan yang pasti otak akan menderita. Mengapa demikian? karena otak adalah bagian tubuh yang paling cepat menyerap gizi penting.

Ada beberapa makanan yang dapat anda sajikan kepada anak karena makanan ini mengandung gizi yang sangat penting bagi perkembangan otak. Berikut dapat anda simak di bawah ini.

1. Ikan Salmon
Dengan kandungan lemak yang tinggi ikan salmon merupakan sumber nutrisi penting yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti EPA dan DHA. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak yang mengkonsumsi ikan memiliki daya memori tinggi dibandingkan dengan anak yang jarang mengkonsumsinya.

2. Susu dan Yoghurt
Susu dan yoghurt terdapat protein dan vitamin B yang tinggi. Dua nutrisi tersebut sangat penting bagi perkembangan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter.

3. Telur
Yang paling dari telur ini ada pada bagian kuningnya. Pada kuning telur terdapat zat kolin. Zat ini membantu perkembangan daya ingat.

4. Gandum Murni
Otak tentunya memerlukan glukosa dari tubuh yang konstan. Dengan kebutuhan ini gandum murni dapat melengkapi keperluan tersebut. Dalam gandum terdapat kandungan vitamin B yang dapat memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Buah Berry
Buah berry merupakan sumber dari vitamin C dan antioksidan tinggi yang akan membantu mengurangi rasa stress. Hampir semua jenis buah berry memiliki kandungan ini, beberapa buah berry tersebut diantaranya stowberry, blackberry, dan bluberry.

6. Kacang- kacangan
Asupan gizi diperlukan dari kacang- kacangan karena mengandung protein dan karbohidrat kompleks. Tidak hanya itu saja tetapi juga terdapat kandungan mineral, serat, dan vitamin.

7. Oatmeal
Tidak hanya bergizi, oatmeal juga merupakan sereal yang paling disukai oleh anak- anak. Beberapa kandungan nutrisi penting diantaranya serat, vitamin B, vitamin E, potassium, dan zinc.

Setelah mengetahui beberapa makanan penting bagi perkembangan otak ada baiknya untuk mengetahui juga gizi dan fungsinya untuk otak anak.

- Protein
Membantu sel- sel otak untuk komunikasi antar sel, selain itu protein juga berfungsi untuk membentuk sel baru dalam otak dan zat perantara yang disebut sel neuotransmitter.

- Karbohidrat, membantu daya fikir dan menyimpan berbagai data dalam memori otak.

- Asam lemak omega 3, membantu perkembangan sel otak terutama pada sistem penglihatan

- Asam lemak omega-6, membantu pembentukan senyawa mirip hormon yang berfungsi sebagai rangsangan dari satu sel ke sel yang lain.

Di samping gizi- gizi diatas yang masih banyak yang lain yang tentunya memiliki manfaat masing masing untuk perkembangan otak anak.

visit link download

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.